Selasa, 27 Agustus 2013

10 Bandara terbaik


1. Changi Airport, Singapura
Tak ada yang meragukan kualitas Changi Airport di Singapura. Bandara utama di Singapura ini telah menghiasi daftar 10 bandara terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir. Sejak dibuka untuk umum pada tahun 1955, Bandara Changi Singapura telah menerima lebih dari 390 penghargaan dengan 23 penghargaan “terbaik” diraih tahun 2011. Tingkat kepuasan penumpang di Changi Airport selalu bergerak ke arah yang positif.
2. Incheon International Airport, Korea Selatan
Jawara tahun lalu Incheon International Airport kini berada di posisi kedua dalam daftar bandara terbaik dunia. Tapi, bukan berarti kualitas bandara di kota Incheon, Korea Selatan, ini menurun di mata penumpang pesawat global. Bandara Incheon tetap bersih, rapi, indah, berfasilitas lengkap, dan terorganisasi dengan baik seperti biasanya. Airport Council International menobatkan Incheon Airport sebagai 1 dari 3 bandara bintang 5 di dunia.
3. Amsterdam Schiphol Airport, Belanda
Amsterdam Schiphol Airport adalah satu-satunya bandara non-Asia yang berada di posisi 5 besar bandara terbaik dunia. Terletak di kota Schiphol yang berjarak sekitar 9 kilometer di sebelah barat daya Amsterdam, Bandara Schiphol menjadi pintu gerbang utama untuk masuk ke ibukota Belanda tersebut. Amsterdam Schiphol Airport naik 1 peringkat dibanding posisinya tahun lalu.
4. Hong Kong International Airport, Hong Kong
Tak banyak hal buruk yang bisa dibicarakan mengenai Hong Kong International Airport. Namun, membahas keunggulan bandara utama di Hong Kong tersebut bisa memakan waktu seharian. Bandara yang berlokasi di pulau Chek Lap Kok ini menjadi persinggahan utama untuk masuk ke Hong Kong dan daratan utama Cina. Dahulu dikenal dengan nama Bandara Kei Tak, Bandara Internasional Hong Kong menjadi rumah dari bangunan terminal penumpang terbesar di dunia.
5. Beijing Capital International Airport, Beijing
Beijing Capital International Airport masih menempati posisi 5 besar bandara terbaik dunia, sama seperti tahun lalu. Meski menggunakan nama Beijing, letak bandara ini sebenarnya masih sekitar 32 kilometer ke sebelah barat laut dari ibukota Cina tersebut. Dalam 10 tahun terakhir, Beijing Capital International Airport berkembang menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Tahun lalu, bandara Beijing bahkan tercatat sebagai bandara tersibuk kedua berdasarkan jumlah penumpang.
6. Munich Airport, Jerman
Salah satu bandara di Eropa, Munich Airport kembali meramaikan daftar 10 besar bandara terbaik di dunia. Munich Airport berlokasi di kota Freising dan menjadi bandara utama yang melayani kota Munich di Jerman. Sejak tahun 1996, Bandara Munich tercatat sebagai bandara tersibuk kedua di Jerman, hanya kalah dari Frankfurt Airport. Bandara Munich masuk ke dalam daftar 10 besar bandara terbaik di dunia berkat fasilitasnya yang lengkap termasuk arena rekreasi, belanja, dan bisnis.
7. Zurich Airport, Swiss
Zurich Airport, juga dikenal sebagai Kloten Airport di Swiss, berlokasi sekitar 13 kilometer ke arah utara dari pusat kota Zurich. Beroperasi sejak tahun 1921, Bandara Zurich berkembang menjadi bandara terbesar di Swiss. Tahun ini, bandara Zurich masih menempati posisinya tahun lalu di peringkat ke-7 dalam daftar bandara terbaik dunia.
8. Vancouver International Airport, Kanada
Vancouver International Airport menjadi satu-satunya bandara di luar Asia dan Eropa yang termasuk ke dalam daftar bandara terbaik dunia versi Skytrax. Maju 1 peringkat dari tahun lalu, Vancouver Airport kini bertengger di peringkat ke-8. Bandara Internasional Vancouver berada di kota Vancouver di kawasan British Columbia, Kanada. Saat ini, Bandara Vancouver tercatat sebagai bandara tersibuk kedua di Kanada berdasarkan pergerakan pesawat.
9. Tokyo International Airport (Haneda), Jepang
Tokyo International Airport, atau lebih dikenal sebagai bandara Haneda oleh penduduk lokal, merupakan satu dari dua bandara terbesar di kawasan metropolitan Tokyo, Jepang. Bandara Haneda melonjak hingga 5 peringkat dari posisinya tahun lalu dalam daftar bandara terbaik yang dirilis Skytrax. Dengan bertengger di posisi ke-9, Bandara Internasional Tokyo menjadi bandara Asia terakhir yang ada di posisi 10 besar.
10. London Heathrow Airport, Inggris
London Heathrow Airport di Inggris berhasil mengukuhkan diri sebagai salah satu bandara terbaik dunia meski harus melayani penumpang dalam jumlah yang amat besar. Bandara di sebelah barat London ini dinobatkan sebagai bandara tersibuk ketiga dunia tahun 2012 dengan jumlah penumpang internasional terbesar dibanding bandara manapun. Meski selalu sibuk dan ramai, Bandara Heathrow tetap mampu meninggalkan kesan yang positif di kalangan penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar