Sabtu, 11 Januari 2014

Teknik Menghafal Cepat Dan Mudah

Pada fungsi kedua bagian otak di atas berperan terhadap daya pikir kita dalam berbagai hal, sehingga dibutuhkan cara menghafal dengan cepat dengan teknik menghafal mudah yang tepat untuk mengoptimalkan jalannya fungsi kedua bagian otak baik untuk hal-hal logis atau hal-hal subyektif secara seimbang.

1. Mnemonic
Mnemonic marupakan teknik dalam cara menghafal mudah yang bersifat abstrak. Caranya dengan melakukan perubahan kata abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan.
Sistem Mnemonic terbagi menjadi 2, yaitu :
  • Sistem gambaran.
Sistem gambaran yaitu teknik menghafal informasi abstrak dengan membuat gambaran kata abstrak menjadi sesuatu yang nyata. Contohnya : Menggambarkan Sumatera Utara dengan Danau toba, Kota Yogyakarta dengan Candi Borobudur.
  •  Sistem persamaan bunyi.
Sistem persamaan bunyi merupakan teknik menghafal informasi dengan bentuk persamaan bunyi. Contohnya : Negara singapura akan dapat lebih mudah diingat dengan mengingat kata “singa”,karena pada kata Singapura terdapat kata “singa”.
2. Story Sistem
Story system adalah cara mengingat dengan cepat sebuah informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya dengan membuat sebuah cerita. contoh kasusnya, untuk menghafal beberapa kata berikut :
“burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah”
Jika anda kesulitan untuk mengingatnya, gunakan teknik menghafal mudah dengan metode story sistem dengan mengubahnya menjadi jalan cerita seperti :
“Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.”
3. Memory Sport
Otak kita membutuhkan olahraga seperti halnya otot-otot lain seperti anatomi jantung sehingga perlu dilatih agar menjadi kuat. Kekuatan otak akan membuatnya lebih mudah menangkap informasi dan juga mengingat hal-hal saat menghafal. Cara menguatkan otak ini dilakukan dengan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar