Kamis, 16 Januari 2014

Kulit perih terbakar sinar matahari? Coba tips di bawah ini!

1. Minum yang banyak
Kulit yang terbakar biasanya akan mengalami dehidrasi lebih cepat daripada kulit yang normal. Oleh karenanya, Anda harus meningkatkan jumlah air yang masuk ke dalam tubuh Anda. Tinggalkan sejenak kopi, teh, atau minuman manis lainnya kecuali air kelapa asli. Air kelapa asli dapat dengan segera meng-hidrasi kulit yang terbakar, bahkan lebih cepat daripada air putih.
2. Mandilah dengan air yang dingin
Air yang dingin mungkin hanya memiliki efek sementara dalam mendinginkan kulit Anda yang terbakar. Namun hal ini tentu lebih baik daripada menghindari mandi hanya karena takut kulit Anda yang terbakar akan terasa perih jika terkena sabun. Untuk menghindari rasa perih, pilihlah sabun yang berbahan dasar lembut dan tanpa tambahan scrub.
3. Kompres dengan susu dingin
Susu dapat mengurangi efek terbakar pada kulit Anda secara berkala. Sebaiknya, Anda menggunakan beberapa balok es dan susu dengan suhu biasa, daripada menggunakan susu dingin yang dari kulkas. Efek mendinginkan dari susu akan lebih terasa dengan cara ini. Rendam kain handuk yang lembut di dalamnya, lalu diamkan di atas kulit Anda yang terbakar selama 5 menit. Jangan diusap-usapkan di kulit, ya.
4. Mandi oatmeal
Oatmeal memiliki fungsi untuk melembutkan kulit. Anda bisa membeli sebungkus bubuk oatmeal bath yang biasanya tersedia di apotek-apotek, atau Anda juga bisa menghaluskan butiran oatmeal dan mencampurkannya ke dalam air mandi Anda. Pastikan air mandi Anda dingin, agar acara mandi oatmeal tidak berubah menjadi acara mandi bubur.
5. Gunakan lidah buaya
Banyaknya manfaat dan khasiat lidah buaya, membuat memiliki tanaman ini penting bagi semua orang di pekarangan rumah mereka. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Namun jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya sendiri, Anda bisa membeli krim lidah buaya yang dijual dalam kemasan botol dan menyiapkannya di lemari es. Rasanya pasti nyaman sekali dioleskan di bagian kulit yang terbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar