Sabtu, 10 November 2012

Korea Selatan tenang pada Hari Ujian Masuk Universitas

Seoul (AFP/ANTARA) - Pelatihan militer ditangguhkan dan penerbangan ditunda pada Kamis, saat ratusan ribu siswa Korea Selatan duduk tenang untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Seperti setiap tahunnya, fokus dari negara yang terobsesi pendidikan tersebut dipersempit selama satu hari untuk memastikan kelancaran ujian, dipandang sebagai momen penting yang dapat memegang kunci untuk segala sesuatu dari karier masa depan hingga prospek pernikahan.

Sejumlah mobil dan sepeda motor polisi di kota-kota seluruh Korea Selatan berada dalam status siaga, tersedia bagi setiap siswa yang membutuhkan agar tidak terlambat untuk mengambil tempat duduk mereka sebelum ujian dimulai pada pukul 08.40 pagi waktu setempat (2.340 GMT Rabu).

Lebih dari 668.500 siswa, 25.000 lebih sedikit dari tahun lalu, ikut serta dalam College Scholastic Ability Test di 1.191 tempat ujian di seluruh negara itu, menurut pihak kementerian pendidikan.

Otoritas penerbangan mengatakan bahwa 83 penerbangan akan dijadwal ulang sejam untuk menghindari pendaratan dan lepas landas yang berisik selama tes mendengarkan bahasa yang dilaksanakan pada pagi dan sore hari.

Pembukaan dan penutupan pasar saham ditunda selasa satu jam, sementara kantor-kantor pemerintah dan perusahaan swasta dibuka terlambat untuk memudahkan lalu lintas jam sibuk sehingga para siswa dapat tiba tepat waktu di tempat ujian.

Dalam sistem pendidikan yang hiper-kompetitif di Korea Selatan, nilai tinggi dalam ujian sangat penting untuk dapat masuk ke universitas terkemuka, yang nantinya akan penting untuk mendapatkan pekerjaan bergengsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar