Jumat, 19 Oktober 2012

Kosmetik menyiksa binatang

Ingin tampil menarik dan sehat, adalah keinginan semua orang.


Namun keinginan ini, jangan sampai membuat Anda terperangkap pada penggunaan kosmetik dan bahan kesehatan untuk kulit, yang ternyata melakukan kekejaman pada binatang.

Seperti hasil temuan dari para aktivis pecinta binatang dunia beberapa waktu lalu, pada beberapa produk kosmetik dunia, yang menggunakan binatang sebagai target uji klinis formula tepat untuk produk kecantikan dan kesehatan kulit.

Dalam video yang berdurasi kurang dari 10 menit yang dipertunjukkan oleh salah satu brand kosmetik dunia ternama The Body Shop siang tadi, terlihat beberapa binatang mulai dari kelinci, hamster, dan tikus kecil disiksa berbulan-bilan dalam laboraturium yang jauh dari kesan natural.

Hewan-hewan ini seperti beberapa jenis kelinci putih, tampak di kerangkeng, diikat dan dimasukkan dalam sebuah box seukuran tubuh mereka. Kemudian terlihat kelinci-kelinci ini disuntik formula produk kecantikan pada tubuh mereka, dan diamkan selama berminggu-minggu untuk melihat efek dari formula tersebut.

"Ini sangat menyakitkan bagi binatang-binatang itu. Dan, The Body Shop berkomitmen untuk tidak menentang penggunaan uji coba terhadap binatang," ujar Corporate Social & Environmental Values Manager The Body Shop Indonesia Rika Anggraini, dalam peluncuran kampanye The Body Shop di Jakarta, yang bertemakan Cruetly Free Campaign.

"The Body Shop menyakini untuk menjadi cantik adalah keputusan etis, dengan Anda memilih kosmetik yang tidak melakukan kekejaman pada binatang," tambah Product Category Make Up Manager The Body Shop Indonesia Ratna Dewi.

The Body Shop sendiri, telah menentang penggunaan pengujian klinis formula kosmetik mereka pada hewan. Tidak hanya itu, The Body Shop juga ditahun yang sama berhasil menggalang petisi untuk hal ini dengan mengumpulkan 4 juta tanda tangan yang setuju untuk meniadakan uji coba dengan menggunakan binatang.

Tidak hanya itu saja, The Body Shop juga melarang penggunaan formula kecantikan dan kesehatan, dari bahan-bahan hewan mulai dari sisik ikan untuk shimering nya, bulu kuda poni untuk kuas lembutnya serta kelinci untuk produk uji klinis nya, serta bagian apapun dari binatang.

Kampanye ini pun, diikuti oleh beberapa selebriti tanah air yang memang peduli binatang dan lingkungan seperti model papan atas Indonesia, Laura Muljadi, Presenter Melissa Karim, artis muda Indonesia Tya Ariesta dan Rachel Amanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar